11/19/2015
Berlangganan

Blog Sebagai Content Marketing, Mengapa Tidak ?

Blog ? , telinga kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar satu kata itu.  Ya, dewasa ini penggunaan blog memang banyak sekali, mulai dari digunakan sebagai sarana curahan hati (curhat), berbagi informasi, blog berita, blog gado-gado (isi artikelnya bervariasi), dan juga yang sekarang lagi booming adalah blog sebagai content marketing. Tapi hal ini cukup aneh jika kita melihat 5 tahun silam, waktu itu adalah awal saya mulai mengenal blog. Waktu itu blog hanya didominasi oleh blog tentang curahan hati seseorang dan blog yang berisi artikel ilegal seperti software cracking dan hacking. Melihat hal tersebut saya sebagai seorang blogger pun senang, bangga dan sangat mendukung untuk kemajuan blog.


Oke, kali ini kita hanya akan terfokus tentang fungsi blog sebagai content marketing. Sebelumnya tahukah Anda apa content marketing itu ?

Content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer. Jadi ada pada intinya tujuan dari content marketing: Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda. sumber petikan dari panduanim.com/content-marketing

Bagaimana sudah sedikit ada gambaran kan tentang content marketing. Saya yakin kali ini Anda pasti akan bertanya - tanya kok bisa sih blog menjadi untuk dijadikan sebagai content marketing. Sebelum kita mulai mari kita bayangkan dan ibaratkan diri kita sebagai seorang pengusaha baru. Siapapun pengusaha itu entah dari latar belakang yang berbeda dan produk usaha yang berbeda pasti akan memiliki 2 kesamaan berikut ini :
  • Ingin usahanya terkenal dan barang dagangannya cepat dan banyak terjual
  • Biaya pemasaran kecil tetapi tepat sasaran dan hasilnya memuaskan
oke, anggaplah kita akan menjual sutau produk bernama produk x. Sebelum memulai pemasaran kita harus melihat kondisi pasar saat ini. Sekarang ini banyak sekali pemasaran dan penjualan melalui dunia maya. Jadi jika ingin strategi pemasaran Anda lebih efektif maka jangan sekali - kali menghindar dari kenyataan saat ini, maka Anda juga harus memulai cara pemasaran baru di dunia maya dan tinggalkan cara lama Anda yang tidak efektif itu.
Salah satu strategi content marketing / pemasaran yang saat ini sangan populer adalah melalui blog. Nah, bagaimana blog itu bisa menjadi content marketing yang bagus itu tergantung dari content, design, SEO, kepercayaan pembeli akan blog kita. Mari kita bahas satu persatu :
  • Content
Sebuah blog akan menjadi content marketing yang bagus adalah yang memiliki content yang bagus juga. Content yang bagus itu seperti apa, ingat ! kita akan menjual produk x  jadi jangan sekali kali Anda mengulas tentang produk lain di blog Anda apalagi jika produk itu bukan barang jualan kita hehe. Saran saya fokuskan satu blog untuk satu produk karena ini akan meningkatkan nilai kulaitas content blog dan relevansi dengan produk jualan Anda.
  • Design
Sebuah blog dengan design yang bagus, menarik dan professional akan lebih menarik minat pengunjung atau pembeli. Kita tahu sendiri kita adalah seorang peselancar internet, bayangkan pada saat kita sedang browsing dan menemukan blog dengan design yang jelek kita akan merasa malas membaca dan enggan untuk mengunjunginya lagi. Tapi bayangkan jika blog itu memiliki tampilan yang bagus, menarik dan profesional maka kita akan nyaman membaca dan pasti suka untuk mengunjunginya lagi.
Kali ini saya sangat yakin nih pasti Anda bingungkan cara design blog itu seperti apa dan bagaimana. Tenang saja jika Anda tidak paham dengan html, css, maupun script Anda bisa mencari template - template yang bagus di search engine.
  • SEO
SEO ? hmmm saya jadi ingat awal saya belajar SEO itu susah susah gampang hehe maklum saya waktu itu masih duduk dikelas 1 smp sekitar 8 tahun silam. Jadi gini SEO itu Seach Engine Optimyzed intinya adalah kita megoptimalkan blog kita atau artikel di blog kita untuk menjadi nomor satu di search engine. Jika blog kita masuk dirurutan pertama alhasil peselancar internet akan melihat blog kita terlebih dahulu dari pada blog yang ada dibawah kita dan hal ini akan membuat pengunjung blog kita bertambah. Lalu apa sih yang membuat SEO kita itu bagus dan blog bisa masuk peringkat pertama di search engine?
SEO itu dipengaruhi oleh backlink dan algorytma yang dipake search engine tersebut, misalkan saja google yang selalu berganti - ganti algorytma nya. Untuk backlink dari hasil pengalaman saya bukan banyaknya yang menjadi penilaian tapi relevansi backlink dan kulaitas backlink. Namun, jika Anda masih belum paham Anda bisa menggunakan jasa SEO yang ada diluar sana eitss bukanberarti promo lho ya saya ini.
  • Domain
Domain ? ya itu adalah url blog kita. Domain sedikit memberi pengaruh sih terhadap content marketing suatu blog. Tapi saran saya Anda untuk menggunakan domain professional seperti .com atau .co.id karena hal tersebut lebih menambah kepercayaan pengunjung untuk membeli di blog kita.

4 faktor diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri sebagai pembeli di internet. Jadi secara keseluruhan suatu jika ingin menjadi content marketing yang baik harus mampu hidup dan berinteraksi dengan calon pembeli nya. Jika cara tradisional adalah salaes yang bericara tetapi sekarang adalah blog yang berbicara. Alhasil apabila ke-4 syarat diatas berhasil terpenuhi dengan baik maka bukan tidak mungkin penjualan kita akan naik dan blog kita akan semakin dipercaya dimata pembeli dan calon pembeli. 

Eitsss hampir lupa, salah satu hal penting nih sertakan juga atau buat fitur komentar, review produk dan testimoni untuk lebih menghidupkan blog Anda. 

Blog Sebagai Content Marketing, Mengapa Tidak ? 


Terima kasih,
Pertanyaan silahkan melalui komentar ya :)