11/24/2015
Berlangganan

Ketoprak Bukan Ketoprak

Ketoprak bukan Ketoprak ? Lho kok aneh ya. Sebentar sebelum lebih jauh saya ingin membahas judulnya terlebih dahulu. ketoprak bukan Kteoprak itu bermakna Ketoprak ( h salah satu jenis makanan khas Indonesia menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima ) sedangkan itu "bukan Ketoprak" ( seni budaya khas jawa tengah ). Nah jadi gitu asal mula judulnya.



Oke, langsung saja kita akan bahas lebih lanjut salah satu kesenian masa kecil saya yang sangat saya sukai. Ketoprak ( atau jika dalam bahasa Jawa disebut sebagai kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa. Ketoprak merupakan sebuah sandiwara / wayang orang yang juga diiringi oleh alunan musik dan nyanyian oleh sinden. Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa.


Bagian ketoprak yang paling saya gemari adalah pada waktu bagian dagelan nya karena itu lucu sekali. Awal saya melihat ketoprak adalah ketika saya berumur 5 tahun. Saat itu saya sangat suka sekali dengan pertunjukannya. Yah, walaupun untuk melihat dagelan harus menempuh cobaan terlebih dahulu karena dagelan ada ditengah tenagh pertunjukan dan itu biasanya pada waktu tengah malam karena ketoprak kalau di desa saya (salah satu desa di Demak) biasanya dipentaskan malam hari.


Namun, sekarang ini saya hampir tidak mudah atau susah sekali untuk dapat melihat ketoprak lagi. Selain saat ini saya sedang merantau juga kebanyakan budaya jawa tengah sudah tidak dilestarikan lagi karena kalah pamor dengan smartphone. Tapi saya juga salut ketoprak tidak mau kalah dengan perkembangan jaman. Saat ini ada ketoprak modern yaitu ketoprak humor yang banyak bermunculan di televisi. Yah walaupun masih kalah dengan smartphone tapi menurut saya ini langkah yang luar biasa untuk melestarikan budaya.

Saya sih berharap saya dapat menonton lagi salah satu kesenian jawa favorit saya ini.