11/12/2012

Arti Seorang Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Standard
Arti Seorang Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa - Guru adalah pekerjaan yang berat sekaligus mulia. Profesi guru boleh dikatakan setara dengan pemimpin. Dia berhadapan langsung dengan murid-muridnya. Dapat berbicara dari hati ke hati. Mampu mempengaruhi pola pikir orang yang didiknya. Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang dia miliki pada muridnya. Terbuka untuk diskusi masalah apapun. Tertawa bersama-sama. Ada kalanya jengkel dan marah. Semua murid dapat meneladani sikap dan perilakunya. Sehingga seorang guru adalah pemimpin yang begitu dekat jaraknya dengan orang yang dipimpin.
Budaya guru adalah mengamati siswa tumbuh dan berkembang, baik fisik, rohani, emosi, dan mental. Jadi peran guru di dalam kelas tidak hanya berkonsentrasi pada mata pelajaran. Guru harus mampu mengaitkan seluruh aspek kehidupan muridnya. Guru yang baik harus mampu menanamkan Rasa Cinta Lingkungan sehingga murid membenci pengrusakan alam. Dia juga harus mampu membuat siswa Menghargai Kejujuran hingga dilahirkan generasi bangsa yang benci akan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Guru sendiri harus mampu Menghayati Iman yang Hakiki sehingga dia bisa mengajarkan dan mempengaruhi anak didiknya untuk menjauhi perdukunan dan kesyirikan. Dari segi Keilmuan seorang guru dituntut membuat kualitas ilmu para siswanya mampu bersaing di tingkat regional dan nasional. Tidak hanya itu saja, guru juga harus membina Hubungan Baik Dengan Orang Tua Murid sehingga keseluruhan aspek dapat terpantau.

Untuk lebih mendalami arti seorang guru ari kita simak sepenggal puisi berikut ini :

Ilmu darimu bagaikan tiupan angin…
yang menghalau awan mendung ke tempat yang tandus,
hingga turun hujan yang membuat tanah menjadi baik,
dan tumbuhlah berbagai tamanan yang penuh ilmu, ATAS IJIN ALLAH.

Ilmu darimu bagaikan tiupan angin…
yang menghalau kapal,
dan membawa insan di dalamnya bergembira menuju kebaikan.

Terimakasih telah membuat kami tumbuh menjadi tanaman yang penuh ilmu, bermanfaat bagi bangsa…
Terimakasih telah membuat kami tumbuh dan membimbing kami sebagai bekal di akhirat kelak.

***Karya : Ananta Sadina Rahma, kelas 3 MI Istiqlal***

Sosok seorang guru memang tidak akan tergantikan dalam kehidupan. Sementara itu arti sosok seorang guru dalam kehidupanku adalah seseorang yang mampu memberika pelajaran baik hard skill maupun soft skill yang sangat berguna dalam mengarungi lautan kehidupan yang sangat deras ombaknya. 
Aku sendiri menyipan banyak kenangan dan cerita menarik tentang sosok seorang guru yang pernah singgah dalam kehidupanku.

Masa SD

Dulu aku memiliki seorang guru yang bernama Bu Umi. Beliau adalah sosok orang tua keduaku yang sangat aku sayangi. Saat itu aku adalah seorang anak yang biasa biasa saja. Bahkan saat berangkat aku selalu telat. Tetapi, beliau mampu memberikan sebuah insirasi dan ajaran yang mampu membuat sosok anak kecil yang biasa biasa saja mampu menjadi seorang anak yang pintar dan mampu mewakili sekolahku dalam lomba cerdas cermat tingkat kabupaten. Akhirnya, aku pun mampu mengharumkan nama baik sekolahku dengan menjadi juara dalam kompetisi itu. Aku sangat bersyukur sekali pernah berjumpa dan diajar oleh figur seperti beliau.

Masa SMP
Sosok guru yang sangat terkenang dalam masa SMP adalah Bu Ifana. Beliau mampu menjadi ibu yang baik bagiku dan bagi teman temanku juga. Beliau mampu hadir dissat di butuhkan. Mungkin tidak banyak yang bisa aku ceritakan tentang beliau, namun kenangan indah itu masih terbayang dalam ingatanku.
Masa SMA
Sosok guru yang terbaik menurutku adalah waktu di masa SMA. Beliau bernama Bapak Waluyo. Beliau mampu mengubah pola pikir dan kehidupan saya. Sampai saat ini saya masih ingat kata katanya yang paling mengesankan " Janganlah jadi orang pintar tai jadilah orang cerdas, membuat orang pintar itu mudah tai orang cerdas itu sulit " . Sampai saat ini aku masih berprinsip pada hal itu.

Mungkin sekian ya teman ceritaku tentang  Arti Seorang Guru Palawan Tanpa Tanda Jasa . Semoga kalian lebih menghargai para guru guru kalian karena pasti suatu saat nanti kalian akan mengenangnya dan menyadari betapa pentingnya arti mereka dulu. Terimakasih.